Porsche Carrera GT akhirnya menjadi mobil terakhir yang ditumpangi aktor terkenal Paul Walker sepanjang hidupnya. Pemeran film “Fast and Furious” ini harus meregang nyawa setelah sport car yang ditumpangi bersama temannya, tergelincir hingga menghantam pohon di pinggir jalan di kawasan Rye Canyon Loop di Valencia, California, AS, Sabtu (30/11), pukul 15:30 waktu setempat.

Hampir semua media, khususnya media internet, telah memberitakan tewasnya pria tampan berusia 40 tahun ini. Para penggemar Walker bahkan tak henti-hentinya mengucapkan bela sungkawa lewat akun Facebook dan Twitter milik Walker.

Terlepas dari tragedi malang yang menimpa, Walker publik juga bertanya tentang kendaraan yang dipakai “Brian O’Conner” tersebut. Banyak di antaranya tidak mengetahui bahwa Carrera GT yang ditumpangi Walker termasuk mobil yang dikembangkan untuk menjadi “monster” jalan raya.

Carrera GT tahun 2005 berkelir merah yang dikemudikan rekannya yang ikut tewas merupakan model yang dilepas Porsche sejak 2003 hingga 2007. Berkode 980, Carrera GT masuk dalam urutan pertama Top Sports Cars of the 2000s dan urutan kedelapan Top Sports Cars of All Time.

Mengusung mesin 5.500cc V10 non-turbo, Carrera GT diproduksi terbatas (1.270 unit) di pabrik Leipzig, Jerman. Porsche sendiri mengatakan bahwa Carrera GT merupakan supercar yang dibangun dengan basis chassis mobil balap. Bahkan serentetan teknologi yang diusung juga dicomot dari ajang balap.

Roadster dua bangku yang konstruksi bodinya dibuat dari serat karbon ini diinspirasi dari legenda mobil balap Porsche, khususnya 718 RS Spyder yang terkenal pada era 60-an. Porsche juga mengklaim bodi Carrera GT yang sangat ringan memiliki keamanan tinggi yang mampu menghindari pengemudi dan penumpang dari cedera fatal akibat benturan. Selain itu, sayap belakag yang muncul ketika kecepatan di atas 110 km/jam menambah keselamatan karena stabilitas yang mantap.

Para kritikus dan wartawan penguji kendaraan bahkan menilai Carrera GT memiliki karakter transmisi yang lebih hebat ketimbang Ferrari Enzo. Padahal, Carrera GT hanya mengusung transmisi 6-speed manual dengan kopling tradisional versi balap. Berbeda dengan Enzo yang telah disuntik mode otomatis-manual dengan kontrol kopling komputer.

Dengan mesin besar tersebut, Carrera GT mampu menuali tenaga hingga 558 hp dan torsi 600Nm. Performa tersebut sanggup melesatkannya hingga kecepatan di atas 330km/jam, meski sudah dibatasi alat pembatas kecepatan. Karena itu, pantas bila Carrera GT yang hanya butuh waktu di bawah 4 detik untuk melesat dari diam ke 100 km/jam disebut sebagai Monster Car.

SPESIFIKASI CARRERA GT
Tipe Kendaraan
Roadster Mesin Tengah, penggreak roda belakang

Bodi
• Chassis dan bodi serat karbon dengan baja kuat
• Dua bangku
• Desain menapak
• Sayap penyetabil di belakang bergerak
• Batang anti-terguling ganda

Mesin
• V-10, non-turbo
• 68 derajat antara ceruk silinder dan 72 derajat crankshaft
• Konstruksi aluminium penuh dengan silinder Nikasil
• Titanium connecting rods
• Pelumasan kering

Kapasitas mesin: 5.500 cc

Pengendali katup
• Double overhead camshafts (DOHC)
• 4-katup per silinder
• Variable valve timing pada katup intake

Tenaga: 558 hp
Torsi: 600Nm
Putaran mesin maksimum: 8.200 rpm

Transmisi
• 6-speed manual
• Kolping karbot tiga plat
• Kontrol traksi
• Tangki oli terinegrasi dengan rumah transmisi

Chassis
Monococque serat karbon dengan baja kuat

Suspensi
• Independent double wishbone depan dan belakang
• Per ulir tunggal dan shock absorber bertekanan gas setiap roda
• Penyeleras individual pada per roda dan batang anti-terguling
• Lengan Suspensi belakang terkait dengan mesin
• Per dan shock absorber belakang dikendalikan dari pushroads
• Batang anti-terguling terkait dengan rumah transmisi

Kemudi
Power assisted rack-and-pinion

Roda/Velg
Cetakan aluminium ringan dengan baut tengah

Ban
Depan: 265/30 R 19
Belakang: 335/30 R 20

Rem
• Porsche Ceramic Composite Brake (PCCB)
• 8-piston aluminium monoblock (cetak tunggal) di caliper depan
• 4-piston aluminium monoblock (cetak tunggal) di caliper belakang
• Cakram 380 mm dengan sistem pendingin

Dimensi
Sumbu roda: 2.700 mm
Panjang: 4.556 mm
Tinggi: 1.192 mm
Lebar: 1,915 mm
Jarak pijak roda depan: 1.620 mm
Jarak pijak roda belakang: 1.570 mm
Volume tangki: 90 liters

Performa
0-100 km/j: kurang dari 4,0 detik
0-200 km/j: 10 detik
Kecepatan akhir: lebih dari 330 km/j (dibatasi)